TEORI-TEORI KEPEMIMPINAN

 

 

 

 

 

 

 

 

TEORI SIFAT

Teori sifat merupakan teori awal yang ditemukan setelah adanya teori klasik. Penemuan awal, teori sifat mengatakan bahwa seorang pemimpin memang dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Tanpa mempunyai sifat-sifat sebagai seorang pemimpin, dia memang dijudge sebagai seorang pemimpin sejak dia lahir. Sesuai dengan Thoha (2012:32) di mana teori awal tentang sifat ini dapat ditelusuri kembali pada zaman Yunani Kuno dan Roma. Pada waktu itu orang percaya bahwa pemimpin itu dilahirkan bukan dibuat. Teori ini disebut Teori The Great Man yang menyatakan bahwa seseorang yang dilahirkan sebagai pemimpin akan menjadi pemimpin tanpa memperhatikan apakah ia mempunyai sifat atau tidak sebagai seorang pemimpin.

Teori Great Man akan memberikan arti lebih realistis setelah mendapat pengaruh dari aliran psikologi yang menyatakan bahwa sifat-sifat kepemimpinan itu tidak seluruhnya dilahirkan tetapi dapat juga dicapai melalui pendidikan dan pengalaman. Menurut Keith Davis (Thoha, 2012:33) empat sifat umum yang mempengaruhi keberhasilan kepemimpinan organisasi adalah kecerdasan, kedewasaan dan keluasan hubungan sosial, motivasi diri dan dorongan berprestasi, serta sikap-sikap hubungan kemanusiaan.

 

PSIKOLOGI SOSIAL

Teori sifat ketika mendapat pengaruh dari psioogi sosial yang memberikan pengaruh sendi-sendi perilaku hubungan manusiawi dan cara berkomunikasi yang baik antara pemimpin dan bawahan sangat mempengaruhi teori-teori kepemimpinan selanjutnya yaitu teori kelompok dan teori social learning.

 

TEORI KELOMPOK

Teori kelompok dalam kepemimpinan memiliki dasar perkembangan yang berakar pada psikologi sosial. Teori kelompok ini beranggapan bahwa supaya kelompok bisa mencapai tujuannya. Kepemimpinan yang ditekankan pada adanya suatu proses pertukaran antara pemimpin dan bawahannya. Greene (Thoha, 2012:35) mengatakan bahwa ketika para bawahan tidak melaksanakan pekerjaan secara baik maka pemimpin cenderung menekankan pada struktur pengambil inisiatif (perilaku tugas). Tetapi ketika para bawahan dapat melaksanakan pekerjaan secara baik maka pemimpin menaikkan penekanannya pada pemberian perhatian (perilaku tata hubungan). Seingga dapat disimpulkan bahwa para bawahan dapat mempengaruhi para pemimpinnya seperti para pemimpin yang dapat mempengaruhi para bawahannya.

 

SOCIAL LEARNING

Social learning merupakan suatu teori yang dapat memberikan suatu model yang menjamin kelangsungan, interaksi, timbal balik antara pemimpin, lingkungan, dan perilakunya sendiri. Teori ini komprehensif dan memberikan dasar-dasar teori yang jelas dalam rangka memahami kepemimpinan.

Menurut Thoha (2012:46) penekanan pendekatan social learning ini terletak pada peranan perilaku kepemimpinan, kelangsungan, dan interaksi timbale balik di antara semua variabel-variabel yang ada. Aplikasi dari kepemimpinan ini secara lebih spesifik ialah bawahan secara aktif ikut terlibat dalam proses kegiatan organisasi, dan bersama-sama dengan pemimpin memusatkan pada perilakunya sendiri dan  perilaku lainnya beserta memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan lingkungan dan kognisi-kognisi yang bisa memperantarakan.

Gambar untuk pendekatan social learning dalam kepemimpinan

PEMIMPIN

PERILAKU PEMIMPIN

LINGKUNGAN

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan demikian, melalui pendekatan social learning ini, antara pemimpin dan bawahan mempunyai kesempatan untuk bisa memusyawarahkan semua perkara yang timbul. Keduanya, pemimpin dan bawahan mempunyai hubungan interaksi yang hidup dan mempunyai kesadaran untuk menemukan bagaimana cara menyempurnakan perilaku masing-masing dengan memberikan penghargaan-penghargaan yang diinginkan.

DAFTAR PUSTAKA

Thoha, Miftah. 2012. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : Rajawali Pers.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s